Covid-19: Korea Selatan kirim 2 juta masker ke AS

Bantuan ini merupakan tindak lanjut pembicaraan Presiden Moon Jae-in dan Donald Trump pada 24 Maret.

Presiden Moon Jae-in saat berpidato pada peringatan tiga tahun pelantikannya di Blue House, Seoul, Korea Selatan, Minggu (10/5). ANTARA FOTO/Kim Min-Hee/Pool via REUTERS

Korea Selatan mengirim bantuan dua juta masker ke Amerika Serikat untuk membantu perang melawan coronavirus jenis baru. Kementerian Luar Negeri Korea Selatan pada Senin (11/5) mengatakan bahwa pengiriman masker tersebut merupakan bagian dari kerja sama kedua negara dalam merespons Covid-19.

Sebuah penerbangan kargo AS yang mengangkut masker berangkat pada Senin dan bantuan tersebut dilaporkan akan didistribusikan ke lembaga-lembaga medis.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan menyebut bahwa pengiriman bantuan ini merupakan tindak lanjut dari diskusi tentang respons bersama terhadap pandemik antara Presiden Moon Jae-in dan Presiden Donald Trump pada 24 Maret.

Dijelaskan pula bahwa pengiriman ini mengikuti pertimbangan komprehensif seperti situasi Covid-19 domestik Korea Selatan, pasokan dan permintaan masker lingkup lokal, dan kebutuhan dukungan bagi sekutunya.

Korsel waspada ancaman gelombang kedua