Demokrat terpecah dalam isu Israel karena kaum muda progresif

Perpecahan ini sejalan dengan perpecahan ideologis. Terutama sejak serangan Hamas bulan lalu, perpecahan ini semakin terasa pahit.

Para pengunjuk rasa berunjuk rasa menuntut gencatan senjata terhadap warga Palestina di Gaza di Independence Avenue dekat US Capitol bulan lalu di Washington, D.C. Foto: gettyimages

Kelompok Yahudi progresif If Not Now pergi ke Capitol Hill minggu lalu untuk berbicara dengan anggota parlemen dan mengadakan rapat umum.

Saat kelompok tersebut menyanyikan seruan dan tanggapan "gencatan senjata sekarang" dan "bukan atas nama kami" di samping Kolam Refleksi, Matan Arad-Neeman, juru bicara kelompok tersebut, menjelaskan mengapa mereka ada di sana.

“Kami baru melihat sejauh ini 17 anggota Kongres menyerukan gencatan senjata. Dan saya sangat berterima kasih atas keberanian moral mereka,” katanya. “Tetapi seluruh anggota Kongres perlu mengambil tindakan dan mengakhiri pertumpahan darah ini.”

Danielle Kurtzleben dalam tulisannya di npr.or mengulas perpecahan dukungan terhadap Israel atau Palestina di kalangan Demokrat. 

Ia mengungkap hingga hari ini, 18 anggota DPR telah menandatangani resolusi yang menyerukan gencatan senjata dalam perang antara Israel dan Hamas.