Denmark, Belanda, Swedia kembali hidup normal, apa yang terjadi?

Denmark, Belanda, dan Swedia melanjutkan kehidupan pra-pandemi mereka, terlepas dari risiko varian delta. Apa rahasia mereka?

ilustrasi. foto Pixabay

Di beberapa bagian Eropa, menikmati kehidupan sosial pra-pandemi, atau setidaknya versi dekat, bukan lagi mimpi yang jauh. Orang-orang yang divaksinasi penuh di Belanda dapat menari di klub yang penuh sesak dan dapat menghadiri pesta tanpa harus menjaga jarak mulai 25 September. Sebaliknya, pemerintah akan mulai mengamanatkan izin vaksin, kata Perdana Menteri Mark Rutte dalam konferensi pers Selasa.

Denmark meninggalkan semua pembatasan Covid- minggu lalu, menjadi negara Uni Eropa pertama yang kembali sepenuhnya ke kehidupan sehari-hari sebelum pandemi. Tidak ada masker atau bahkan bukti vaksinasi yang diperlukan untuk pergi ke konser atau pusat kebugaran.

Pada akhir Agustus, menteri kesehatan Denmark Magnus Heunicke mengatakan pemerintah tidak lagi melihat Covid-19 sebagai "penyakit kritis secara sosial." Pendekatan ini secara efektif mengakhiri mandat kementerian untuk menerapkan langkah-langkah seperti penutupan nasional dan persyaratan untuk izin virus corona.

Bergabung dengan liga adalah Swedia, yang menonjol di antara negara-negara Eropa karena responsnya yang relatif lepas tangan terhadap pandemi. Sebagian besar pembatasan, termasuk pembatasan pertemuan pribadi dan publik dan saran untuk bekerja dari rumah, akan berakhir pada akhir September, Menteri Kesehatan dan Sosial Lena Hallengren mengumumkan awal bulan ini.

Pelancong ke negara-negara ini masih diharuskan untuk diuji dan dikarantina pada saat kedatangan mereka jika mereka tidak sepenuhnya divaksinasi.