Di Kota Tua Yerusalem, ‘pengepungan’ Israel memaksa toko-toko Palestina tutup

Sekitar 86 persen wilayah Yerusalem Timur yang diduduki berada di bawah kendali langsung pemerintah dan pemukim Israel.

Toko-toko milik warga Palestina di Gerbang Damaskus di Kota Tua Yerusalem terpaksa menutup pintunya [Faiz Abu Rmeleh/Al Jazeera]

Di sudut luar salah satu gerbang Kompleks Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Abu Mohammad yang berusia 30 tahun berdiri di tengah aroma rempah-rempah, buah-buahan kering, dan rempah-rempah yang memenuhi tokonya yang berusia puluhan tahun.

“Saya sudah berada di sini sepanjang hidup saya. Kakek saya juga bekerja di bidang rempah-rempah di Kota Tua Yerusalem sepanjang hidupnya,” kata ayah tiga anak ini kepada Al Jazeera.

Sebelum dimulainya perang Israel di Jalur Gaza yang terkepung, kurang dari 80 km (50 mil) jauhnya pada bulan Oktober lalu, Abu Mohammad harus mengirimkan produk baru seminggu sekali untuk menjaga persediaan toko dan memenuhi tingginya permintaan akan produk tersebut. Sejak tanggal 7 Oktober, ketika perang dimulai, dia sama sekali tidak mengirimkan kiriman apa pun.

Kota Tua bukan hanya rumah bagi Masjid Al-Aqsa dan Kubah Batu – salah satu situs paling suci umat Islam – tetapi juga merupakan lokasi Gereja Makam Suci, yang diyakini oleh umat Kristiani sebagai tempat penyaliban Yesus, dan Tembok Barat, yang diyakini orang Yahudi sebagai sisa terakhir dari Kuil Kedua. Oleh karena itu, Kota Tua biasanya menarik banyak peziarah dan pengunjung dari seluruh dunia. Pada tahun 2019, sekitar lima juta wisatawan mengunjungi negara tersebut dari luar negeri, dengan Yerusalem sebagai tujuan nomor satu, menurut Kamar Dagang dan Industri Arab yang berbasis di Yerusalem.

Selain penting bagi pariwisata, Kota Tua dan kawasan komersial di sekitarnya secara historis merupakan pasar paling sentral bagi 350.000 warga Palestina yang tinggal dan bekerja di Yerusalem.

Namun sejak dimulainya perang, yang menewaskan lebih dari 28.000 warga Palestina, pasukan Israel telah menerapkan pemeriksaan ketat di semua pintu masuk ke Kota Tua yang oleh penduduk digambarkan sebagai “pengepungan”, dan hanya mereka yang memiliki alamat terdaftar di dalam Kota Tua. Kota diizinkan masuk.

Sejumlah besar petugas paramiliter Israel ditempatkan di pos pemeriksaan dengan barikade logam di semua gerbang terbuka Kota Tua, dan terutama dikerahkan di gerbang yang sebagian besar digunakan oleh warga Palestina – Bab al-Amud (Gerbang Damaskus), Bab az-Zahra (Gerbang Herodes), Bab al-Asbat (Gerbang Singa) dan Bab al-Jadid (Gerbang Baru).