Di KTT G7 Trump bicara soal Iran dan China

Kali ini Trump menurunkan nadanya ketika bicara soal China dan Iran.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (tengah) dalam KTT G7 di Biarritz, Prancis, Minggu (25/8). Twitter/@realDonaldTrump

Negara-negara G7 sepakat akan menyumbang US$20 juta untuk membantu negara-negara di Amazon melawan kebakaran hutan hujan terbesar di dunia itu. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menjadi tuan rumah dari KTT G7 2019.

Berbicara setelah sesi tentang iklim dalam KTT G7 di Biarritz, pada Senin (26/8), Macron mengatakan bahwa kebakaran Amazon merusak hutan yang menjadi paru-paru dunia itu.

Selain pendanaan darurat jangka pendek, tanpa merinci lebih lanjut, Macron juga mengumumkan inisiatif bersama jangka panjang yang akan dibahas di Majelis Umum PBB.

Pekan lalu, Macron membuat marah Presiden Brasil Jair Bolsonaro dengan menyebut kebakaran Hutan Amazon sebagai krisis internasional yang harus menjadi agenda utama KTT G7. Menanggapi Macron, Bolsonaro mengatakan gagasan untuk membahas isu itu di KTT G7 adalah pola pikir kolonial yang tidak memiliki tempat di Abad ke-21.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump absen dari pertemuan G7 yang membahas iklim. Sekretaris Pers Gedung Putih Stephanie Grisham menyatakan bahwa Trump absen karena menghadiri pertemuan bilateral dengan Jerman dan India.