Diplomat Israel diusir dari KTT Uni Afrika

Israel sebelumnya memegang peran dalam Organisasi Persatuan Afrika (OAU) tetapi sering digagalkan.

KTT Uni Afrika. Foto: Getty Images

Seorang delegasi pengamat Israel mengalami penolakan di sebuah pertemuan internasional. Peristiwa itu terjadi di KTT Uni Afrika yang diadakan di ibu kota Ethiopia, Addis Ababa, Sabtu (19/2).

Sebuah video yang dibagikan secara online menunjukkan Sharon Bar-Li, wakil direktur Divisi Afrika di kementerian luar negeri Israel, dikawal keluar pada upacara pembukaan konvensi dua hari tersebut.

Seorang pejabat AU mengatakan kepada AFP bahwa individu yang "diminta pergi" tidak diundang untuk menghadiri pertemuan tersebut, dengan undangan yang tidak dapat dialihkan hanya diberikan kepada Aleli Admasu, duta besar Israel untuk Uni Afrika.

Surat kabar Israel Haaretz, mengutip pejabat diplomatik yang tidak disebutkan namanya, mengatakan Bar-Li memiliki otorisasi yang tepat untuk menghadiri KTT dan diskusi sedang diusahakan agar dia bisa kembali.

Kementerian luar negeri Israel mengatakan insiden itu didorong oleh "negara ekstrem" Aljazair dan Afrika Selatan, yang telah "menyandera" Uni Afrika dan "dikendalikan oleh Iran".