Dosis Pfizer yang diperbolehkan untuk anak 5-11 tahun di Amerika Serikat

Langkah ini diambil FDA agar anak-anak bisa lebih leluasa beraktivitas, antara lain untuk bermain dan pergi ke sekolah.

Comirnaty, vaksin Covid-19 produksi Pfizer dan BioNTech. Foto REUTERS/Dado Ruvic

Lembaga penanggung jawab obat dan makanan Amerika Serikat, FDA, memberikan izin suntikan vaksin Pfizer sebanyak 10 mikrogram bagi anak usia 5-11 tahun di Amerika Serikat. Dosis ini jauh lebih rendah dibandingkan untuk kelompok usia di atasnya. Langkah ini sekaligus menjadi tonggak vaksinasi Covid-19 di negara Paman Sam tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Senin (1/11), langkah ini diambil FDA agar anak-anak bisa lebih leluasa beraktivitas, antara lain untuk bermain dan pergi ke sekolah. Dosis yang lebih rendah diterapkan agar anak-anak lebih terhindar dari efek samping yang jarang terjadi setelah memperhatikan tingkat peradangan jantung atau miokarditis.

Penanggung jawab FDA memaparkan, manfaat dan potensi perlindungan dari vaksin Pfizer untuk anak-anak di bawah 12 tahun jauh lebih besar daripada risikonya. Untuk itu pemerintah Amerika Serikat mendorong setiap keluarga di negaranya untuk memberikan akses vaksin kepada anak-anak mereka. Dukungan ini akan menaikkan jumlah warga tervaksin di Amerika Serikat yang baru 58%.

Jumlah vaksinasi Amerika Serikat ini jauh tertinggal dibandingkan negara Eropa seperti Inggris dan Prancis. Sebelumnya beberapa negara juga sudah mengizinkan anak-anak di bawah 12 tahun untuk divaksin seperti di China, Kuba, dan Uni Emirat Arab.

Di sisi lain, pihak Pfizer mengatakan uji klinis vaksin Pfizer terhadap anak usia 5-11 tahun telah dilakukan dengan melibatkan 2.268 peserta. Dalam uji itu, takaran yang diberikan adalah sepertiga takaran dosis remaja dan dewasa. Peserta diberi dua dosis vaksin dengan rentang 21 hari.