Ekspor buah Indonesia tembus Argentina

Pemerintah Argentina telah menyetujui ekspor mangga, pisang, manggis, nanas dan salak Indonesia.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat bertatap muka dengan Presiden Argentina Mauricio Macri di Buenos Aires pada Senin (22/7). / Kementerian Pertanian

Pada Senin (22/7), Menteri Pertanian Amran Sulaiman diterima secara langsung oleh Presiden Argentina di Istana Kepresidenan di Buenos Aires untuk melanjutkan pembicaraan kesepakatan ekspor kedua negara. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Presiden Joko Widodo dan Presiden Mauricio Macri di Istana Bogor pada 26 Juni 2019.

Dalam kesempatan tersebut, pemerintah Argentina menyetujui ekspor mangga, pisang, manggis, nanas dan salak Indonesia. Di sisi lain, pemerintah Argentina juga berkomitmen menambah volume ekspor CPO ke Argentina, sehingga pangsa pasar (market share) CPO Indonesia di Argentina akan meningkat.

Pada kesempatan yang sama pula, kedua pemerintah sepakat untuk bekerja sama dalam pengembangan teknologi pertanian, yaitu dryer, silo dan mekanisasi pengolahan hasil pertanian.

"Ini adalah saat bersejarah bagi pertanian Indonesia. Akses pasar bagi produk petani kita diberikan langsung Presiden Argentina pada Menteri Pertanian. Kami akan maksimalkan peluang ini agar kesejahteraan petani meningkat," ujar Mentan Amran seperti dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Pertanian yang diterima Alinea.id, Selasa (23/7). 

Persetujuan tersebut akan diawali dengan penandatanganan perjanjian antara Menteri Pertanian RI dan Menteri Agroindustri Argentina yang direncanakan akan berlangsung di Jakarta pada September 2019.