Empat turis misi Inspiration4 tiba di lepas pantai Florida

Penerbangan tersebut diikuti empat astronaut amatir yang dipimpin miliarder Jared Isaacman.

Kapsul SpaceX misi Inspiration4 yang berisikan empat astronaut amatir tiba di lepas pantai Florida, Amerika Serikat, pada Sabtu (18/9/2021) waktu setempat. Dokumentasi SpaceX

Empat turis luar angkasa yang berada di misi SpaceX Inspiration4 dengan selamat mendarat di lepas pantai Florida, Amerika Serikat, pada Sabtu (18/9) waktu setempat. Ini menandakan selesainya misi tiga hari pertama di orbit Bumi tanpa astronaut profesional di dalamnya.

Pelindung panas kapsul SpaceX Dragon memungkinkannya menahan penurunan yang sebelumnya diperlambat empat parasut besar dan kemudian tercebur ke laut tepat setelah pukul 7 malam.

Kembalinya dari orbit mengikuti terjun melalui atmosfer bumi menghasilkan panas gesekan yang mengirim suhu di sekitar bagian luar kapsul melonjak ke 1.927 derajat celcius. Pakaian penerbangan para astronaut dirancang agar tetap dingin jika kabin memanas. Para astronaut lalu keluar pesawat dan dijemput kapal SpaceX.

“Itu adalah perjalanan yang luar biasa bagi kami dan kami baru saja memulai,” ucap pengusaha miliarder Jared Isaacman, yang membayar perjalanan itu, mengirim radio dari kapsul beberapa saat setelah splashdown.

SpaceX, perusahaan peroketan swasta yang didirikan Elon Musk, memasok pesawat ruang angkasa, meluncurkannya dari Florida, dan menerbangkannya dari markas besar perusahaan di pinggrian kota Los Angeles.