Finlandia jadi anggota, NATO: Jadi pukulan untuk Putin

Langkah tersebut merupakan pukulan strategis dan politis bagi Presiden Vladimir Putin, yang telah lama mengeluh tentang ekspansi NATO.

Tiang bendera kosong berdiri di antara bendera nasional Prancis dan Estonia di luar markas besar NATO di Brussel, Senin, 3 April 2023. Foto AP/Virginia Mayo

Bendera biru-putih Finlandia berkibar di luar markas NATO pada Selasa (4/4) sore waktu setempat, menjadikan Finlandia sebagai anggota aliansi keamanan terbesar dunia.

Langkah tersebut merupakan pukulan strategis dan politis bagi Presiden Vladimir Putin, yang telah lama mengeluh tentang ekspansi NATO ke Rusia dan sebagian menggunakannya sebagai pembenaran untuk perang negaranya dengan Ukraina.

“Apa yang kami lihat adalah bahwa Presiden Putin berperang melawan Ukraina dengan tujuan yang dinyatakan untuk mendapatkan lebih sedikit NATO,” kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. "Dia mendapatkan kebalikannya." kata dia lagi

Seperti semua anggota NATO, Finlandia akan mendapat manfaat dari jaminan keamanan kolektif bahwa serangan terhadap satu orang dianggap sebagai serangan terhadap semua.

NATO mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki niat untuk segera meningkatkan kehadirannya di Finlandia. Kendati begitu, beberapa anggota telah mengerahkan pasukan di sana untuk latihan perang selama setahun terakhir.