Giliran pejabat Israel dan pemimpin Yahudi marah, Swedia izinkan pembakaran kitab Yahudi

Pembakaran kitab-kitab Yahudi memiliki sejarah yang sangat traumatis di Eropa

Ilustrasi. Foto: Ist

Pejabat Israel dan pemimpin Yahudi berang dengan ulah polisi Swedia yang memberikan izin kepada seseorang yang berencana untuk membakar Alkitab Ibrani di depan kedutaan Israel di Stockholm akhir pekan ini.

Pria itu dilaporkan mengajukan izin untuk membakar Alkitab tersebut sebagai tanggapan atas demonstrasi pada bulan Juni di mana sebuah Alquran, kitab suci umat Islam, dibakar. Pria itu juga berencana untuk membakar Alkitab Kristen, kata polisi ketika mereka mengungkapkan aplikasinya beberapa minggu lalu.

Mereka mengumumkan keputusan mereka untuk mengizinkan pertunjukan pada hari Jumat, dan demonstrasi dilaporkan dijadwalkan pada hari Sabtu.

"Saya mengutuk keras keputusan pihak berwenang di Swedia yang mengizinkan pembakaran buku Alkitab di depan kedutaan Israel di negara itu," kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan Jumat. 

“Negara Israel menanggapi dengan sangat serius keputusan memalukan yang merusak Ruang Mahakudus orang Yahudi ini. Kitab suci semua agama harus dihormati.”