Guatemala kembali buka kedubes di Jakarta

Sebelumnya, Guatemala menutup kedubesnya di Jakarta karena krisis ekonomi yang melanda negara itu.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Guatemala Sandra Erica Jovel Polanco dalam upacara pembukaan kembali Kedutaan Besar Guatemala di Jakarta, pada Selasa (10/12). Alinea.id/Valerie Dante

Guatemala kembali membuka kedutaan besar mereka di Jakarta setelah sempat ditutup pada 1993 akibat krisis ekonomi yang melanda negara itu.

Pada Selasa (10/12), Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Guatemala Sandra Erica Jovel Polanco memotong pita untuk menandai pembukaan kembali Kedubes Guatemala yang bertempat di Gedung WTC 1, Sudirman, Jakarta.

"Pembukaan kembali Kedubes Guatemala di Jakarta menandai babak baru hubungan bilateral antara kedua negara," tutur Menlu Retno.

Dia menyebut, Kedubes Guatemala akan menjadi infrastruktur diplomatik yang strategis dan penting untuk meningkatkan kerja sama bilateral antarnegara.

"Selamat atas pembukaan kembali kedubes ini. Percayalah, Kedubes Guatemala akan memainkan peran signifikan dalam mempromosikan dan meningkatkan hubungan antarnegara dan antarmasyarakat," lanjut Menlu Retno.