Hoaks selebgram Taiwan membuat Kamboja makin terlihat menakutkan

Chen mengatakan para penipunya telah mengikatnya ke kursi di dalam gedung, saat dia mencoba mengkonfirmasi penipuan pabrik.

Chen Neng-chuan. Foto: Instagram

Demi konten, influencer Taiwan tega-teganya menyebarkan kisah penculikan palsu yang semakin membuat citra Kamboja semakin mengerikan sebagai markas perdagangan manusia.

Sebelum hoaksnya terbongkar, ia sempat mendominasi berita utama di Taiwan setelah menyiarkan langsung dugaan pelariannya dari penculikan di pabrik penipuan di Kamboja.

Chen Neng-chuan, yang terkenal karena video paranormalnya yang dibuat di Taiwan dan tempat lain, terlebih dulu membocorkan rencananya kepada follower di Instagramnya  bahwa ia akan menjelajahi “sudut paling gelap di dunia” di mana “banyak orang Taiwan telah ditipu dan diperbudak”. Itu ia lakukan sebelum datang ke Kamboja.

Namun pada malam tanggal 12 Februari, penggemar dikejutkan ketika produser konten menyalakan siaran langsungnya dan tampak dipukuli. Video tersebut kemudian dipotong secara tiba-tiba oleh seseorang, lapor United Daily News Taiwan.

Keesokan harinya, istrinya yang menangis menangis mengabarkan secara online bahwa suaminya telah hilang. Dia dan produser konten lainnya mengatakan Chen bersikeras melakukan perjalanan ke Kamboja sendirian untuk syuting meskipun mereka keberatan.