Hong Kong akhiri wajib pakai masker terpanjang di dunia setelah 945 hari

Orang-orang diharuskan memakai masker di semua tempat umum, termasuk di luar ruangan, mulai 29 Juli 2020.

Hong Kong. Foto Pixabay

Hong Kong akan menghentikan kewajiban mengenakan masker di tempat umum mulai Rabu (1/3), mengakhiri era Covid yang berkepanjangan yang merusak ekonomi dan reputasinya di dunia.

Masker tidak lagi diharuskan di luar ruangan, di dalam ruangan, atau di transportasi umum, kata pemimpin Hong Kong John Lee kepada wartawan, Selasa (28/2).

"Mulai besok kita benar-benar kembali normal," kata Lee. “Tahun ini dan tahun depan, kami akan fokus pada ekonomi dan pembangunan.”

Langkah tersebut dilakukan saat pemerintah berupaya menarik wisatawan dan pekerja asing untuk merevitalisasi pusat keuangan tersebut. Bulan depan Hong Kong akan menjadi tuan rumah rangkaian acara internasional terbesar sejak protes yang sering disertai kekerasan pada tahun 2019 menutup sebagian besar kota, termasuk festival musik, Art Basel, dan turnamen Rugby Sevens. Hong Kong telah mencabut sebagian besar pembatasan pandemi lainnya awal tahun ini.

“Untuk bisnis, ini adalah pengubah permainan,” kata Allan Zeman, pemimpin Lan Kwai Fong Holdings Ltd. “Sebelumnya, banyak orang akan menjauh dari Hong Kong karena masker menunjukkan bahwa kita masih terjebak di masa Covid.”