Dikecam, H & M tarik foto yang dinilai rasis

H & M mendapat kencaman dari dunia terkait iklan tersebut dengan teks yang tertulis "coolest monkey in the jungle"

Salah satu toko H & M / foto: Pexels

Pasca diprotes iklan yang berbau rasis, raksasa pakaian Hennes & Mauritz AB atau yang dikenal H & M berjanji untuk memperbaiki tampilan iklan yang ada. H & M segera mengganti iklan yang menggunakan seorang anak laki-laki mengenakan jaket dengan topi hoddie. 

Seperti diketahui, H & M mendapat kencaman dari dunia terkait iklan tersebut dengan teks yang tertulis "coolest monkey in the jungle" atau monyet paling keren di hutan. Atas iklan tersebut, badai di media sosial dan demonstrasi anti rasis Afrika Selatan terus menuntut peritel asal Swedia tersebut untuk meminta maaf. 

Perusahaan merespon dengan cepat yakni meminta maaf atas iklannya dan telah menarik iklan yang terlanjur tersebar di toko dan toko onlinenya. "Kami sangat menyesal atas foto tersebut dan telah mencetaknya. Telah kami hapus gambar tersebut dari saluran media kami berikut juga produknya secara global," tukas H & M seperti dikutip Bloomberg

H & M menegaskan bahwa perusahaannya menjunjung nilai-nilai kemanusiaan. Serta, tidak membuat pesan berbau rasisme. Bahkan kepada para staf toko, disebutkan tetap melayani dengan baik agar produk dan citra perusahaan tidak dinilai buruk. 

Protes artis