Ilmuwan Indonesia dipercaya bangun industri halal di Arab Saudi

Meski menjadi penasihat untuk Arab Saudi di bidang industri halal, Irwandi merasa beruntung karena dirinya tidak harus menetap di sana.

Irwandi Jaswir. Instagram/@irwandi.jaswir

Seorang profesor dan ilmuwan terkemuka Indonesia Irwandi Jaswir (48) dipercaya oleh Pemerintah Arab Saudi untuk ikut membangun industri halal di negara tersebut.

Irwandi, yang merupakan pemenang King Faisal International Prize 2018, menceritakan bahwa dirinya diberi tanggung jawab untuk merancang strategi menjadikan negara kaya minyak itu sebagai pemain industri halal terkemuka dunia.

Perkembangan industri halal dunia yang sangat pesat dan diperkirakan bernilai US$3 triliun lebih ini, membuat Arab Saudi ikut meliriknya.

Menurut Irwandi, dirinya sudah mulai didekati sejak menerima King Faisal Prize dari Raja Salman tahun lalu.

"Saat itu, pemerintah Arab Saudi meminta saya presentasi tentang industri halal global dan peranan apa yang bisa dilakukan oleh Saudi sebagai kiblat Islam sedunia," ujar Irwandi yang merupakan profesor senior bidang Bioteknologi Pangan di International Islamic University Malaysia. "Namun yang intensif sejak beberapa bulan terakhir lewat telepon atau video conference."