ILO: Pekerja sektor informal perlu bantuan langsung

Pekerja informal dihadapkan pada pilihan melindungi diri dari Covid-19 atau tidak memiliki sumber pendapatan untuk bertahan hidup.

Tunawisma beristirahat di sebuah tempat perlindungan sementara di tengah Perintah Kawalan Pergerakan (MCO) akibat penyebaran Covid-19 di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (7/4). ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey Teng

Bantuan langsung terhadap para pekerja di sektor-sektor yang berisiko tinggi, termasuk sektor informal, dianggap penting guna memastikan keberlangsungan hidup mereka di tengah pandemik Covid-19.

"Pemasukan yang terjamin, bantuan langsung, dan pemenuhan kebutuhan dasar harus diberikan pada mereka yang tidak memiliki pilihan lain," kata Direktur Jenderal Organisasi Buruh Internasional (ILO) Guy Ryder pada Selasa (7/4).

Ryder menegaskan bahwa mereka yang bekerja di sektor dengan risiko tinggi, termasuk para pekerja sektor informal, dihadapkan pada pilihan untuk melindungi diri dari virus yang menyebar atau tidak memiliki sumber pendapatan untuk bertahan hidup.

"Ini adalah dilema yang sangat penting (untuk diperhatikan) agar tidak ada yang harus menghadapi situasi seperti ini. Semua disiplin terkait kesehatan, semua pembatasan dan isolasi tidak dapat dan tidak akan dihormati apabila mereka dihadapkan dengan situasi seperti itu," ujar dia.

Meski demikian, Ryder menyadari bahwa kebijakan untuk memastikan mereka yang paling terpapar risiko mendapat bantuan langsung dapat menjadi objektif yang sangat sulit.