India belum menyetujui ide AS untuk membatasi harga minyak Rusia

Pejabat itu mengklaim bahwa India, pada saat yang sama, tidak “menyatakan permusuhan terhadap gagasan ini.”

Ilustrasi. Foto dw.com

Menteri Keuangan AS Janet Yellen menggambarkan pembicaraannya dengan mitranya dari India untuk membatasi harga minyak mentah Rusia menghasilkan sesuatu yang menggembirakan. Hal itu sesuai wawancara yang diberikan kepada Reuters setelah kesimpulan dari Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Bali, beberapa hari lalu.

“Percakapan yang saya lakukan secara umum sangat menggembirakan," kata Yellen kepada Reuters saat dalam perjalanan ke Seoul dari Bali pada Senin (18/7).

Namun begitu, seorang pejabat Departemen Keuangan AS mengaku bahwa New Delhi belum menyetujui gagasan pembatasan harga minyak Rusia. Pejabat itu mengklaim bahwa India, pada saat yang sama, tidak “menyatakan permusuhan terhadap gagasan ini.”

Pejabat Amerika itu menambahkan bahwa tidak ada pertemuan yang terjadi antara Yellen dan mitranya dari India pada pertemuan G20.

Berdasarkan keterangan resmi, New Delhi diwakili oleh Menteri Keuangan Nirmala Sitharaman dan Gubernur Reserve Bank of India (RBI) Shaktikanta Das pada pertemuan G20.