Indonesia bakal tetap bantu Turki setelah masa darurat bencana berakhir

Rombongan Indonesia yang dipimpin Menko PMK Muhadjir Effendy untuk menyerahkan bantuan logistik, tiba di Turki.

Konferensi pers kedatangan rombongan Menko PMK dan penyerahan logistik ke pemerintah Turki. Dokumentasi Kemenko PMK.

Indonesia direncanakan bakal turut membantu Turki selama masa rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa bumi yang mengguncang 6 Februari 2023. Ini merupakan langkah lanjutan yang ditawarkan pemerintah Indonesia dalam rangka bantuan kemanusiaan pascabencana.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Bandara Adana Sakirpasa, Turki. Diketahui, rombongan Indonesia yang dipimpin Muhadjir untuk menyerahkan bantuan logistik tiba di Turki pada Rabu (22/2) dini hari waktu setempat.

"Sebagaimana kita sudah biasa menangani di Indonesia, itu setelah tahap darurat bencana nanti ada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi, dan ada kemungkinan kita juga akan tetap terlibat," kata Muhadjir dalam keterangan resmi.

Disampaikan Muhadjir, pemerintah Indonesia akan membantu pemerintah Turki pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi sebagaimana pengalaman penanganan bencana di dalam negeri. Kendati demikian, langkah-langkah bantuan selanjutnya usai masa darurat bencana berakhir masih dalam tahap diskusi antara kedua negara.

"Akan kita tularkan pengalaman kita menangani tahap-tahap rehabilitasi dan rekonstruksi di Indonesia,” ujarnya.