Indonesia kembali jadi anggota Dewan Ekonomi dan Sosial PBB

Indonesia memperoleh 186 dari total 190 suara.

Ilustrasi. Indonesia berhasil terpilih sebagai anggota Dewan Ekonomi dan Sosial (Economic and Social Council/ECOSOC) PBB periode 2021-2023 dari Kelompok Asia-Pasifik. Foto un.org/ecosoc/en

Kementerian Luar Negeri RI pada Kamis (18/6) menyatakan, Indonesia terpilih sebagai anggota Dewan Ekonomi dan Sosial PBB (ECOSOC) periode 2021-2023 dalam pemilihan tertutup yang berlangsung di Markas Pusat PBB, New York, pada Rabu (17/6).

Indonesia memperoleh 186 dari total 190 suara. Selain Indonesia, Jepang yang meraih 185 suara dan Kepulauan Solomon yang meraih 187 suara juga terpilih mewakili kelompok Asia Pasifik di ECOSOC.

Sementara itu, Guatemala, Bolivia, Argentina, dan Meksiko terpilih mewakili Kelompok Amerika Latin dan Karibia. Bulgaria terpilih di Kelompok Eropa Timur, serta Libya, Liberia, Nigeria, Madagaskar dan Zimbabwe terpilih di Kelompok Afrika.

Austria, Jerman, Portugal, Inggris, dan Prancis, terpilih untuk mewakili Kelompok Eropa Barat.

Kemlu menegaskan sebagai anggota ECOSOC, Indonesia berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam mendorong upaya pencapaian Agenda Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) 2030. Indonesia juga berupaya meningkatkan peran dalam pembahasan isu-isu strategis melalui badan-badan yang berada di bawah ECOSOC yakni FAO, WHO, IMO, ICAO, dan IAEA.