Indonesia kirimkan bantuan kemanusiaan tahap tiga ke Turki

Menko PMK dan Kepala BNPB ikut berangkat ke Turki.

Seorang pria berjalan di atas puing-puing bangunan yang runtuh di Hatay, Turki, Sabtu, 11 Februari 2023. AP Photo/Hussein Malla

Bantuan kemanusiaan tahap ketiga dari pemerintah Indonesia untuk korban terdampak gempa bumi di Turki dan Suriah, diberangkatkan pada hari ini (21/2). Sebanyak 140 ton bantuan logistik diterbangkan menggunakan empat pesawat dari Pangkalan TNI AU Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy serta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto turut berangkat ke Turki.

"Pak Menko PMK dan Pak Kepala BNPB juga akan berangkat pada hari ini menyertai rombongan," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/2).

Disampaikan Retno, keberangkatan Menko PMK dan Kepala BNPB itu dalam rangka mengawal pengiriman bantuan kemanusiaan pascabencana gempa bumi dari Indonesia kepada Turki dan Suriah. Retno menuturkan, perwakilan pemerintah Indonesia juga akan bertemu dengan perwakilan kedua negara untuk membahas terkait kebutuhan yang masih diperlukan oleh para korban.

"Beliau akan melakukan pertemuan dan melakukan asesmen, apa yang dapat disampaikan, apa yang dapat dibantu lagi dari pihak Indonesia kepada pemerintah setempat," tutur Retno.