Indonesia promosikan budaya Melayu di Thailand

Melayu Day of Yala merupakan sebuah festival tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah Kota Yala, Thailand.

Ilustrasi / Pixabay

Indonesia bersama sejumlah negara di Asia Tenggara menjadi peserta Melayu Day of Yala ke-6, sebuah festival tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah Kota Yala, Thailand, untuk mempromosikan budaya Melayu di masing-masing negara.

Pemerintah Kota Yala bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Songkhla menyediakan gerai pameran bagi semua Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM).

PTM diberi kesempatan untuk mempromosikan kampusnya masing-masing serta memberikan kesempatan mahasiswanya untuk unjuk kebolehan dalam hal seni melayu.

Pada festival yang diselenggarakan di Taman Gajah Putih Yala, Thailand, pada 8-10 Februari itu, Uhamka ikut berpartisipasi dalam rangka mempromosikan pendidikan di Indonesia dan mempererat kerja sama dengan pemerintah serta perguruan tinggi di Malaysia dan Thailand Selatan.

Festival tahunan yang telah digelar sejak 2014 ini merupakan tempat berkumpulnya para seniman melayu dari Thailand, Indonesia, Malaysia dan Brunei Darusalam, termasuk di dalamnya berbagai universitas serumpun Melayu yang memiliki ciri khas daerah lokalnya masing-masing.