Inggris resmi jadi mitra dialog ASEAN

Kesepakatan baru ini juga akan membantu Inggris untuk memperdalam hubungan ekonomi dengan ASEAN.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab saat menghadiri ASEAN Post Ministerial Conferences (PMC) secara virtual pada Kamis (6/8). / Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia

Pada Kamis (5/8), Inggris telah menyetujui kemitraan baru dengan ASEAN. Kemitraan ini merupakan yang pertama disetujui ASEAN dalam 25 tahun.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab menyatakan bahwa kemitraan dengan ASEAN akan mengarah pada kerja sama yang lebih erat antara Inggris dengan kawasan Asia Tenggara dalam sejumlah isu seperti perdagangan, investasi, perubahan iklim, lingkungan, hingga pendidikan.

"Ini adalah momen penting dalam haluan Inggris ke arah Indo-Pasifik. Hubungan kami yang lebih dekat dengan ASEAN akan membantu menciptakan lapangan kerja ramah lingkungan, memperkuat kerja sama keamanan, mempromosikan kemitraan teknologi dan sains, serta menjaga pilar-pilar utama hukum internasional," jelas Menlu Raab seperti dikutip dari keterangan resmi Kedutaan Besar Inggris di Indonesia.

Persetujuan dari kemitraan antara ASEAN-Inggris diresmikan dalam ASEAN Post Ministerial Conferences (PMC) yang berlangsung secara virtual pada Kamis.

Kesepakatan baru ini juga akan membantu Inggris untuk memperdalam hubungan ekonomi dengan ASEAN, yang memiliki PDB gabungan sebesar US$3,2 triliun.