Duta Besar ungkap Iran tidak ingin perang dengan Amerika Serikat

Iran telah membuat suatu forum sebagai ruang dialog menanggapi serangan AS.

Sebuah poster dengan gambar mendiang komandan militer Iran Qassem Soleimani dan mendiang komandan milisi Irak Abu Mahdi al-Muhandis, saat jemaah menyerukan slogan selama ceramah Salat Jumat oleh Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, di Teheran, Iran, Jumat (17/1/2020). Foto Antara/Official Khamenei website/Handout via REUTERS/nz/djo.

Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Azad, mengungkapkan pada dasarnya Iran tidak menginginkan perang dengan negara mana pun, termasuk Amerika Serikat. 

Pernyataan tersebut disampaikan Azad menjawab pertanyaan soal kondisi terkini negaranya, pascaserangan Amerika Serikat yang menewaskan Jenderal Qasem Soleimani dan serangan balasan oleh Iran ke pangkalan militer Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Azad menuturkan, Iran telah membuat suatu forum sebagai ruang dialog dalam menanggapi serangan Amerika Serikat. Pada forum tersebut, pihaknya mengajak seluruh negara-negara di kawasan Timur Tengah untuk memelihara keamanan dan perdamaian.

“Dialog forum yang mengajak seluruh negara-negara kawasan (Timur Tengah) untuk memelihara keamanan dan perdamaian,” kata Azad di kantor Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Jakarta Pusat, Selasa (21/1).

Menurut Azad, wajar apabila semua negara ingin mengetahui kondisi terkini di kawasan Timur Tengah. Ia menambahkan, selama ini Iran telah mengalami tekanan ekonomi dan serangan teror yang dilakukan oleh Amerika Serikat.