Iran serukan dunia untuk aksi masif bela Palestina di Hari Internasional Al-Quds besok

Hari Internasional Al-Quds diperingati oleh berbagai komunitas di hampir 80 negara, bahkan di negara-negara minoritas Muslim

Ilustrasi. Foto Pixabay

Hari Internasional Al-Quds jatuh pada Jumat terakhir bulan Ramadan. Ini adalah hari yang dicanangkan oleh Pendiri Republik Islam Iran Ayatullah Ruhollah Khomeini untuk mendukung kemerdekaan Palestina dari penjajahan Israel.

Menyambut Hari Internasional Al-Quds, yang di bulan Ramadan 2023 atau 1444 H ini jatuh pada 14 April besok, Republik Islam Iran menyerukan pada umat Islam dan pendukung kemanusiaan di dunia untuk menunjukkan solidaritas secara masif kepada Palestina dan menentang pendudukan Israel.

“Pada saat berbagai perkembangan di dunia antara lain isu terorisme, krisis ekonomi, dll, telah mengalihkan perhatian komunitas internasional dari isu Palestina dan menguntungkan Zionisme global dan Israel; Perayaan Hari Internasional Al-Quds secara masif sangatlah bermakna bagi masyarakat Palestina yang tertindas karena “Hari Internasional Al-Quds” adalah refleksi dan peran dunia Islam dalam upaya pembebasan Palestina secara nyata,” tulis Kedutaan Besar Iran Jakarta dalam keterangan persnya, Kamis (13/4).

Kedubes Iran menyatakan bahwa Hari Internasional Al-Quds diperingati oleh berbagai komunitas di hampir 80 negara, bahkan di negara-negara dengan minoritas penduduk Muslim karena mendukung dan membela Al-Quds AL-Sharif tidak terbatas bagi Muslim dan negara-negara Islam. Membela Baitul Maqdis sama seperti membela rumah dan memuliakan kebebasan.

“Pentingnya Hari Internasional Al-Quds dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu untuk menghidupkan isu Palestina, mendukung bangsa tertindas Palestina dan resistensi mereka melawan kezaliman, melawan terorsime dalam bentuk penjajahan serta mengutuk intervensi kekuatan besar di kawasan.”