Israel umumkan jumlah tentaranya yang tewas di Gaza

Brigade Al Qassam sayap bersenjata Hamas mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka menghancurkan lima tank Israel.

Keadaan Gaza. Foto Reuters

Selama beberapa hari pertempuran, tentara Israel mengalami desakan hebat dari pejuang Palestina. Menurut militer Israel, Minggu (24/12) mereka telah kehilangan lebih dari selusin personel dalam pertempuran.

Beberapa hari ini dilaporkan, pertempuran telah menjadi paling berdarah sejak dimulainya serangan darat Israel pada akhir Oktober. Ini disebut sebagai sebuah tanda bahwa Hamas masih melakukan perlawanan meskipun selama berpekan-pekan, Israel membombardir Gaza secara brutal dan tanpa tanpa pandang bulu.

Perang tersebut telah menghancurkan sebagian besar wilayah Jalur Gaza, menewaskan lebih dari 20.000 warga Palestina dan membuat hampir 85% dari 2,3 juta penduduk Gaza mengungsi.

Mayoritas warga Israel masih mendukung tujuan negara tersebut untuk menghancurkan kemampuan pemerintahan dan militer Hamas serta membebaskan 129 tawanan lainnya, meskipun ada tekanan internasional yang meningkat di tengah melonjaknya jumlah korban tewas dan penderitaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di kalangan warga Palestina.

Namun meningkatnya jumlah tentara yang tewas dapat melemahkan dukungan tersebut. Kematian tentara adalah topik sensitif di Israel, negara yang mewajibkan wajib militer bagi sebagian besar orang Yahudi. Nama-nama tentara yang tewas diumumkan di bagian atas siaran berita setiap jam.