Jerman akan setop tes gratis Covid-19

Rencana ini akan dibahas dalam pertemuan pada Selasa (10/8) yang melibatkan 16 perdana menteri negara bagian Jerman dan pemerintah nasional.

Foto ilustrasi / Pixabay

Anggota parlemen di Jerman pada Senin (9/8) mempertimbangkan rencana untuk mengakhiri tes Covid-19 gratis pada Oktober nanti. 

Outlet media lokal melaporkan bahwa rencana itu datang dari kantor Kanselir Jerman Angela Merkel. Rencana ini akan dibahas dalam pertemuan pada Selasa (10/8) yang melibatkan 16 perdana menteri negara bagian Jerman dan pemerintah nasional.

Proposal tersebut mengikuti komentar pejabat tinggi seperti Menteri Kesehatan Jens Spahn yang mengatakan dia ingin melihat individu yang tidak divaksinasi membayar untuk tes mereka sendiri pada pertengahan Oktober. Hal ini terjadi ketika Jerman sedang mencari cara untuk meningkatkan tingkat kepercayaan terhadap vaksin dan untuk menghindari gelombang keempat pandemik akibat varian Delta yang lebih menular. 

Proposal yang dilihat oleh media lokal Jerman memaparkan bahwa tes gratis Covid-19 berhasil memecahkan gelombang ketiga pandemik di Jerman.

"Karena selama ini semua warga negara telah ditawari kesempatan untuk mendapatkan vaksin, maka tidak pantas lagi bagi negara, dan dengan demikian para pembayar pajak, untuk menanggung biaya semua tes," jelas proposal tersebut.