Joe Biden: Putin sudah memutuskan akan menyerang Ukraina

Berbicara dari Gedung Putih pada Jumat sore, Biden mengatakan pasukan Rusia “saat ini mengepung Ukraina”.

Presiden Joe Biden. Foto AFP

Pandangan Amerika Serikat atas rencana Rusia menginvasi Ukraina masih konsisten, meski Negeri Beruang Merah itu mengirim sinyal mereka menarik beberapa pasukan dari perbatasan. Presiden AS Joe Biden meyakini bahwa Vladimir Putin telah memutuskan untuk menyerang Ukraina Katanya, serangan bisa terjadi dalam beberapa hari mendatang.

Berbicara dari Gedung Putih pada Jumat sore, Biden mengatakan pasukan Rusia “saat ini mengepung Ukraina” dan bahwa Washington yakin Moskow akan menargetkan ibu kota Ukraina, Kiev.

"Kami memiliki alasan untuk percaya bahwa pasukan Rusia berniat merencanakan dan berniat menyerang Ukraina dalam beberapa minggu mendatang, dalam beberapa hari mendatang," katanya kepada wartawan.

“Jangan salah, jika Rusia mengejar rencananya. AS dan sekutu kami siap untuk mempertahankan setiap inci wilayah NATO dari ancaman apa pun terhadap keamanan kolektif kami juga,” komenter Biden/

Pernyataan Biden muncul di tengah meningkatnya ketegangan atas penempatan pasukan Rusia di dekat perbatasannya dengan Ukraina, yang selama berbulan-bulan telah memicu peringatan dari Washington dan sekutu Eropanya terhadap kemungkinan invasi Rusia.