Jokowi: Belanda salah satu mitra penting di Eropa

Di kawasan Eropa, Belanda merupakan mitra investasi terbesar pertama Indonesia.

Raja Belanda Willem-Alexander dan Presiden RI Joko Widodo usai pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3). Twitter/@setkabgoid

Presiden RI Joko Widodo mengajak Raja Belanda Willem-Alexander untuk meneguhkan komitmen kerja sama di berbagai bidang. Hal itu disampaikan dalam pernyataan pers bersama saat kunjungan kenegaraan Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima ke Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (10/3).

Jokowi memandang Belanda sebagai salah satu mitra penting Indonesia di Eropa sekaligus mitra strategis di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, Presiden Jokowi mengatakan bahwa di kawasan Eropa, Belanda merupakan mitra dagang terbesar kedua Indonesia, mitra investasi terbesar pertama, dan mitra pariwisata terbesar keempat.

"Kita jadikan pelajaran sejarah kedua negara untuk meneguhkan komitmen membangun hubungan yang setara, saling menghormati, dan saling menguntungkan," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyebut bahwa kedua pihak telah melakukan penandatanganan sejumlah kerja sama antarpemerintah. Beberapa di antaranya terkait dengan produksi kelapa sawit berkelanjutan, kerja sama terkait isu perempuan, perdamaian, dan keamanan, serta kerja sama pengelolaan pengendalian penyakit menular.