Jokowi dorong Outlook ASEAN tentang Indo-Pasifik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sesi Pleno KTT ke-35 ASEAN di Bangkok, Thailand.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sesi Pleno KTT ke-35 ASEAN yang digelar di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11). / Antara Foto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sesi Pleno KTT ke-35 ASEAN yang digelar di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11).

Dalam kesempatan itu. Jokowi mengajak pemimpin negara-negara ASEAN untuk menguatkan kerja sama dan bekerja keras melindungi stabilitas dan kesejahteraan di kawasan dengan mengkonkretkan implementasi outlook tentang Indo-Pasifik. 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mendampingi Presiden dalam sesi pleno tersebut mengatakan, tantangan saat ini adalah cara untuk segera mengimplementasikan outlook tersebut.

"Outlook tersebut merupakan cara pandang ASEAN untuk menjadikan kawasan Indo-Pasifik menjadi kawasan stabil, damai, dan sejahtera," ucap Retno dalam siaran pers yang diterima Alinea.id, Minggu (3/11).

Sementara itu, lanjut Retno, di tengah ketidakpastian perekonomian global, negara-negara ASEAN memiliki situasi yang jauh lebih baik bila dibandingkan dengan negara-negara di kawasan lain.