Jokowi: Jangan lengah dengan darurat kesehatan masa mendatang

"Kesiapsiagaan kita akan menyelamatkan nyawa dan perekonomian kita. G20 harus mengambil langkah-langkah nyata dan segera."

Presiden Joko Widodo (tengah) saat memimpin KTT G20 sesi kedua di Bali, Selasa (15/11/2022). YouTube/Sekretariat Presiden

Pertemuan sesi kedua dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di The Apurva Kempinski, Bali, pada Selasa (15/11), resmi dibuka. Topik yang dibahas adalah isu kesehatan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya menyampaikan, dunia saat ini semakin pulih dari pandemi Covid-19. Namun, para pemimpin negara G20 tidak boleh lengah terhadap ancaman kesehatan yang dapat muncul kapan saja.

"Kali ini dunia harus lebih siap. Kesiapsiagaan kita akan menyelamatkan nyawa dan perekonomian kita. G20 harus mengambil langkah-langkah nyata dan segera," kata Jokowi saat membuka pertemuan sesi kedua.

Ada sejumlah hal yang menjadi perhatian terkait isu kesehatan dalam rangka pemulihan global pascapandemi. Salah satunya soal arsitektur kesehatan global yang harus diperkuat.

"Kita perlu WHO yang lebih kuat dan 'bertaring'. Solidaritas dan keadilan harus menjadi roh arsitektur kesehatan global," ujarnya.