Jokowi masuk 15 besar tokoh muslim paling berpengaruh di dunia

Presiden Jokowi tidak pernah absen dari posisi 20 besar dalam daftar 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia sejak menjabat pada 2014.

Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/9). ANTARA FOTO/Bayu Prasetyo

Pusat Studi Strategis Islam Yordania kembali merilis daftar 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia edisi 2020. Menempati posisi pertama adalah Muhammad Taqi Usmani, ulama sekaligus cendekiawan kelahiran Deoband, India, 5 Oktober 1943.

Dalam situs themuslim500.com dijelaskan bahwa Usmani merupakan tokoh sangat penting dalam gerakan Deobandi, salah satu inisiatif revival paling sukses pada abad yang lalu. Pandangan dan fatwa-fatwanya dijadikan acuan oleh para Deobandi secara global.

Selain sebagai pengajar, Usmani juga menduduki sejumlah posisi di keuangan syariah. Dia telah bertugas di dewan, dan sebagai ketua, di lebih dari selusin bank dan institusi keuangan syariah. 

Saat ini, Usmani memimpin Dewan Syariah Internasional untuk Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institutions (AAOIFI) di Bahrain. Dia juga merupakan anggota tetap Akademi Fikih Islam Internasional yang berada di bawah Organisasi Konferensi Islam (OKI), salah satu badan hukum tertinggi di dunia muslim. 

Usmani tercatat telah menerjemahkan Alquran ke dalam bahasa Inggris dan Urdu. Di antara sejumlah karyanya, Usmani juga merupakan pemimpin redaksi majalah bulanan berbahasa Urdu dan Inggris, 'Albalagh', dan secara teratur menyumbang artikel kepada sejumlah surat kabar terkemuka di Pakistan tentang berbagai persoalan.