Jokowi-Merkel gelar pertemuan bilateral secara virtual

Kedua pemimpin negara membahas isu bilateral seperti kerja sama kesehatan, ekonomi, perubahan iklim, serta isu regional.

Presiden Joko Widodo saat menghadiri pertemuan bilateral secara virtual dengan Kanselir Jerman Angela Merkel pada Selasa (13/4). / setkab.go.id

Presiden RI Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman Angela Merkel secara virtual di Istana Bogor, pada Selasa (13/4) sore. Pertemuan bilateral tersebut dilakukan sehari setelah pembukaan Pameran Hannover Messe 2021, di mana Indonesia dinyatakan sebagai negara mitra atau partner country.

Kanselir Merkel menyampaikan penghargaan kepada Indonesia yang bersedia menjadi negara mitra dalam Hannover Messe 2021 dan meyakini bahwa kemitraan itu akan bermanfaat bagi upaya memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Lebih lanjut, Merkel menyampaikan bahwa tahun depan Indonesia akan menjadi Ketua G-20, sementara Jerman menjadi Ketua G-7. Dia berharap dapat terjadi sinergi prioritas kerja dengan baik antara kedua negara.

"Suatu kehormatan bagi Indonesia ditunjuk sebagai Negara Mitra Hannover Fair 2021 dan juga nanti pada 2023," kata Jokowi seperti dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Kabinet RI pada Rabu (14/4).

Presiden Jokowi juga mengapresiasi kepimpinan Kanselir Merkel selama hampir 16 tahun dalam meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.