Jokowi tawarkan kontribusi RI bagi perdamaian Rakhine

Presiden Joko Widodo menawarkan saran dan pandangan bagi penyelesaian isu kawasan Rakhine State, Myanmar, saat pleno KTT ASEAN.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat pleno KTT ke-35 ASEAN di Bangkok, Thailand menyampaikan harapannya agar situasi di Rakhine State, Myanmar dapat segera pulih.

"Saya yakin kita semua mengharapkan agar situasi di Rakhine State dapat segera kembali normal," ujar Presiden Jokowi usai Pleno KTT ke-35 ASEAN di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11)..

Jokowi juga menawarkan saran dan pandangan bagi penyelesaian isu kawasan Rakhine saat berbicara di sesi Pleno tersebut. Pertama, Jokowi memandang perlu diteruskannya dialog dengan para perwakilan pengungsi yang saat ini berada di Cox’s Bazaar.

"Karena dengan dialog dan komunikasi maka akan muncul trust. Dan trust ini akan sangat besar artinya bagi persiapan repatriasi yang sukarela, aman, dan bermartabat," kata Retno.

Kedua, sebagai bagian dari upaya penanganan, Indonesia sepenuhnya mendukung usulan untuk mendirikan satuan tugas ad-hoc di Sekretariat ASEAN yang fokus memantau pelaksanaan rekomendasi tim Preliminary Needs Assessment (PNA).