Jumlah migran yang ingin memasuki Polandia terus bertambah

Pada Rabu penjaga perbatasan Polandia melaporkan adanya 501 migran yang berupaya untuk melintasi perbatasan.

Petugas penegak hukum Polandia yang berjaga di belakang pagar di perbatasan Belarusia-Polandia di wilayah Grodno, Belarus 17 November 2021. Maxim Guchek/BelTA/Handout via REUTERS

Polandia menyatakan jumlah migran yang berupaya melintasi perbatasanya dari Belarus terus meningkat, pada Kamis (18/11). Bahkan, masih ada ribuan migran terjebak di perbatasan di hutan beku dalam kebuntuan Timur dan Barat.

Para migran kebanyakan dari Irak telah dilarang untuk memasuki Polandia atau kembali ke Belarusia. Beberapa memilih pulang ke Irak dengan penerbangan pertama dari ibu kota Belarusia, Minsk, pada Kamis malam.

Sebanyak 200-300 orang memilih untuk tetap berkerumun di sekitar kebarakan darurat di dekat titik perbatasan Kuznica-Bruzgi. Beberapa telah mendirikan tenda dan seorang pria terlihat sedang memberi makan bayi. 

Para migran dikelilingi oleh tentara Belarusia yang mengenakan topeng, helm, dan rompi, dan meriam air terlohat di sisi perbatasan Polandia.

Negara Eropa menuduh Minsk menerbangkan ribuan migran dan mendorong mereka untuk menyeberangi perbatasan secara illegal. Tindakan tersebut, dilakukan sebagai taktik untuk menghukum Eropa atas sanksi yang dijatuhkan terkait tindakan keras Belarusia terhadap pengunjuk rasa pro demokrasi.