PM Justin Trudeau kecam Facebook karena blokir berita kebakaran hutan

Facebook dituduh menempatkan keuntungan atas keselamatan orang-orang selama keadaan darurat yang diciptakan oleh kebakaran di Kanada.

Dokumentasi- Logo Meta terlihat di acara Vivatech di Paris, 14 Juni 2023. Foto AP/Thbault Camus

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, pada Senin (21/8) waktu setempat, menuduh Facebook menempatkan keuntungan atas keselamatan orang-orang selama keadaan darurat yang diciptakan oleh kebakaran.

Meta, perusahaan induk Facebook dan Instagram, mengumumkan awal musim panas ini, akan menepati janjinya untuk memblokir konten berita dari Kanada di platformnya, karena undang-undang baru yang mewajibkan raksasa teknologi membayar penerbit untuk menautkan atau menggunakan kembali konten mereka secara online.

Kebakaran yang berkobar di Kanada telah mendorong puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka dan mengancam kota-kota seperti Yellowknife, ibu kota Wilayah Barat Laut. Sekitar 30.000 orang berada di bawah perintah evakuasi di British Columbia.

"Saat ini, dalam situasi darurat di mana informasi lokal terkini menjadi lebih penting dari sebelumnya, Facebook menempatkan keuntungan perusahaan di atas keselamatan orang," kata Trudeau pada konferensi pers di Cornwall di Prince Edward Island.

“Sangat tidak terbayangkan bahwa perusahaan seperti Facebook memilih untuk mengutamakan keuntungan perusahaan daripada mengasuransikan bahwa organisasi berita lokal dapat memberikan informasi terkini kepada warga Kanada,” kata perdana menteri.