Kapal selam serang AS bertenaga nuklir tabrakan di dalam laut

Kapal selam serang cepat kelas Seawolf USS Connecticut (SSN 22) menabrak sebuah objek saat menyelam pada sore hari tanggal 2 Oktober.

USS Connecticut (SSN-22) tiba di Fleet Activities Yokosuka, Jepang untuk kunjungan pelabuhan terjadwal pada 31 Juli 2021. Foto Angkatan Laut AS

USS Connecticut, salah satu AS Kapal selam kelas Seawolf bertenaga nuklir Angkatan Laut yang sangat canggih dan rahasia, mengalami tabrakan bawah air. Namun,  Otoritas terkait mengatakan bahwa tidak ada cedera yang mengancam jiwa di antara anggota kru Connecticut sebagai akibat dari kecelakaan itu. Kapal selam itu sendiri berada dalam "kondisi aman dan stabil" dan dalam perjalanan pulang. Pabrik reaktornya pun tidak terpengaruh dan tetap beroperasi penuh.

USNI News pertama kali melaporkan kecelakaan ini, menyebut insiden terjadi pada 2 Oktober.  Angkatan Laut AS tidak mengatakan di mana kapal selam itu berada pada saat tabrakan. Apakah di suatu tempat di kawasan Indo-Pasifik, atau apa yang ditabrak/menabraknya? Layanan itu juga hanya mengatakan bahwa Connecticut sekarang menuju ke pelabuhan di AS. Area tanggung jawab Armada ke-7, yang mencakup Pasifik Barat.

Armada Pasifik AS kini juga telah mengeluarkan siaran pers resmi terkait insiden tersebut, yaitu sebagai berikut:

Kapal selam serang cepat kelas Seawolf USS Connecticut (SSN 22) menabrak sebuah objek saat menyelam pada sore hari tanggal 2 Oktober, saat beroperasi di perairan internasional di kawasan Indo-Pasifik. Keselamatan awak tetap menjadi prioritas utama Angkatan Laut. Tidak ada cedera yang mengancam jiwa.

Kapal selam tetap dalam kondisi aman dan stabil. Pembangkit dan ruang propulsi nuklir USS Connecticut tidak terpengaruh dan tetap beroperasi penuh. Tingkat kerusakan pada sisa kapal selam sedang dinilai. Insiden itu akan diselidiki.