Karena dukung demonstrasi, Iran melarang pembuat film ke London Film Festival

Dalam pesan video, sutradara, penulis, dan aktor Iran berusia 53 tahun itu mengatakan dia yakin pihak berwenang telah mencegahnya pergi.

Foto: Alarabiya

Seorang pembuat film Iran mengatakan republik Islam itu melarangnya bepergian ke Festival Film London atas dukungannya terhadap gerakan protes yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini yang ia sebut sebagai "momen hebat dalam sejarah".

"Saya dicegah oleh pihak berwenang Iran untuk menaiki penerbangan saya ke London pada hari Jumat," kata Mani Haghighi dalam pesan video kepada pengunjung festival yang di-tweet oleh British Film Institute (BFI).

"Mereka tidak memberi saya penjelasan yang masuk akal untuk perilaku yang sebenarnya kasar ini."

Kemarahan atas kematian Amini pada 16 September, tiga hari setelah dia ditangkap oleh polisi moral Iran telah memicu gelombang protes jalanan dan kekerasan terbesar yang terlihat di negara itu selama bertahun-tahun.

Sebagai tanggapan, pasukan keamanan negara ulama telah melakukan tindakan keras brutal yang telah merenggut nyawa puluhan pengunjuk rasa serta kampanye penangkapan massal artis, pembangkang, jurnalis dan bintang olahraga.