Karier 2 politisi perempuan terkemuka di Norwegia terancam karena kelakuan suami

Dia mengatakan suaminya tidak bisa terlibat dalam perdagangan saham jika dirinya menjadi perdana menteri lagi.

Karir politik Anniken Huitfeldt dan Erna Solberg, dua perempuan paling berkuasa di Norwegia, berada di bawah ancaman setelah suami mereka diketahui melakukan transaksi di belakang mereka (Hannah McKay/Pool/AP)

Karir politik dua perempuan paling berkuasa di Norwegia berada di bawah ancaman. Pasalnya,  suami mereka terungkap telah memperdagangkan saham secara diam-diam.

Menteri Luar Negeri Anniken Huitfeldt, dari Partai Buruh berhaluan kiri-tengah, dan mantan perdana menteri konservatif Erna Solberg harus menjelaskan mengapa mereka membuat keputusan saat menjabat yang berpotensi memperkaya pasangan mereka.

Kasus-kasus yang dialami oleh dua perempuan yang berseberangan dalam politik ini berbeda, namun pembelaan mereka kurang lebih sama: mereka mengatakan bahwa mereka tidak tahu apa yang sedang dilakukan suami mereka. Dan para pesaingnya menyerukan agar kedua perempuan tersebut mundur.

Politisi Partai Hijau Rasmus Hansson mengatakan pasangan tersebut merusak reputasi politik Norwegia dan mendesak mereka berdua untuk mengundurkan diri.

"Mundurlah sekarang. Tolong,” tulisnya di Facebook, seraya menambahkan bahwa jika mereka menolak untuk hadir, partai mereka harus memecat mereka.