Kasus Covid-19 kembali meroket, India kini salip Inggris

Kasus Covid-19 di India tertinggi keempat di dunia.

Polisi menahan sejumlah pria di Surat, India, Senin (4/5), saat sejumlah pekerja migran menuntut agar dapat kembali ke negara mereka di tengah perpanjangan lockdown untuk menekan penyebaran Covid-19. ANTARA FOTO/REUTERS.

India menjadi negara tertinggi keempat di dunia kasus infeksi Covid-19 setelah mencatat 10.956 kasus baru pada Jumat (12/6). Dengan jumlah tersebut, India kini menyalip Inggris.

Kementerian Kesehatan India melaporkan, total kasus positif di negara tersebut mencapai 297.535, termasuk 8.498 kematian dan 147.195 pasien yang dinyatakan sembuh.

Lockdown atau karantina wilayah skala nasional yang diterapkan sejak Maret dinilai berhasil menjaga jumlah infeksi relatif rendah. Namun, dengan pelonggaran pembatasan sosial dalam beberapa pekan terakhir, kasus Covid-19 kembali meroket.

Kini, sebagian besar pembatasan sosial ketat hanya diberlakukan di daerah-daerah yang dinilai memiliki risiko penularan tinggi atau disebut sebagai zona merah. Mumbai, New Delhi, dan Chennai adalah kota-kota yang paling parah terdampak Covid-19.

Direktur Jenderal Dewan Riset Medis India Balram Bhargava menyatakan, warga di kota-kota tersebut memiliki peluang besar terpapar transmisi virus.