Ke Israel, Menlu AS berbincang soal isu aneksasi Tepi Barat

AS menegaskan bahwa langkah aneksasi harus dilakukan sesuai dengan rencana perdamaian Trump.

PM Israel Benjamin Netanyahu dan Menlu AS Mike Pompeo pada Rabu (13/5). Twitter/@SecPompeo

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo pada Rabu (13/5) berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tentang kompleksitas rencana aneksasi Tepi Barat yang diduduki Israel. Pompeo menekankan bahwa langkah tersebut harus dilakukan sesuai dengan rencana perdamaian Donald Trump.

Pembicaraan Pompeo dan Netanyahu berlangsung sehari sebelum peresmian pemerintahan baru Israel.

Pemerintahan baru Israel pada Juli berencana untuk memulai debat terkait perluasan kedaulatan ke pemukiman Israel dan Lembah Yordania yang strategis di Tepi Barat, wilayah yang direbut Israel dalam Perang 1967.

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Israel, Hayom, Pompeo menuturkan bahwa langkah terkait dengan Tepi Barat adalah keputusan yang berhak diambil pemerintahan Israel. Tetapi, Pompeo menuturkan, masalah itu rumit dan membutuhkan koordinasi dengan Washington, yang telah membentuk tim bersama dengan Israel untuk memetakan garis wilayah baru di Tepip Barat sesuai dengan rencana perdamaian yang diluncurkan Trump.

Pompeo mengungkapkan bahwa dia dan Netanyahu juga berbicara tentang sejumlah isu terkait lainnya, termasuk bagaimana memastikan semua langkah sesuai dengan rencana Trump.