Kedatangan Ketua DPR AS ke Taiwan dipastikan tak lawan aturan

China mengecam kedatangan Ketua DPR AS ke Taiwan, namun kunjungan dianggap tak langgar aturan.

Kedatangan Ketua DPR AS di Taiwan. Dok reuters.

China menganggap kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi, ke Taiwan sebagai hal yang berbahaya. Nancy dianggap bermain api dengan ke datangannya tersebut.

"Mereka yang bermain api akan binasa karenanya," Beijing memperingatkan dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari BBC, Rabu (3/8).

Juru bicara keamanan nasional AS, John Kirby mengatakan, tidak ada alasan kunjungan tersebut, apalagi menjadikan peristiwa pemicu krisis atau konflik. Dia menegaskan, perjalanan itu konsisten dengan kebijakan lama AS terhadap China dan tidak melanggar kedaulatan negara.

Saat pesawatnya mendarat, media pemerintah China melaporkan, jet militernya sedang melintasi selat Taiwan. Taiwan membantah laporan itu, tetapi kemudian mengatakan, lebih dari 20 pesawat militer China telah memasuki zona pertahanan udara pada Selasa (2/8).

China sebelumnya telah memperingatkan bahwa angkatan bersenjatanya tidak akan tinggal diam. Hal itu dinyatakan karena mereka meyakini, Taiwan yang telah memisahkan diri akan kembali bersama.