Kematian nakes terbanyak di dunia akibat Corona ada di Meksiko

Amnesty International melaporkan pada Kamis (3/9) setidaknya 7.000 nakes di seluruh dunia telah meninggal setelah terinfeksi coronavirus.

Seorang polisi lalu lintas memakai pakaian pelindung saat berjaga dalam situasi penyebaran Covid-19 di perbatasan antara Meksiko-Amerika Serikat, di Ciudad Juarez, Meksiko, Minggu (29/3/2020). Foto Antara/Reuters/Jose Luis Gonzalez

Meksiko menjadi negara dengan angka kematian tenaga kesehatan (nakes) tertinggi akibat Covid-19 tertinggi di dunia.

Amnesty International melaporkan pada Kamis (3/9) setidaknya 7.000 nakes di seluruh dunia telah meninggal setelah terinfeksi coronavirus. Di mana 1.320 nakes di antaranya berasal dari Meksiko

Negara lain dengan angka kematian nakes tinggi termasuk Amerika Serikat dengan 1.077 kematian, Brazil dengan 634 kematian, dan India dengan 573 kematian.

“Berbulan-bulan setelah pandemi, banyak tenaga kesehatan masih berguguran dengan angka yang mengerikan, seperti Meksiko, Brasil, dan AS,” kata Kepala Keadilan Ekonomi dan Sosial di Amnesty International, Steve Cockburn.

Oleh karena itu, perlu dilakukan kerja sama global untuk memastikan semua tenaga kesehatan diberikan alat pelindung diri (APD) yang memadai. Agar mereka dapat melanjutkan pekerjaan penting tanpa mempertaruhkan nyawa mereka sendiri.