Kemlu dan BKPM kerja sama untuk tingkatkan investasi

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan secara virtual oleh Menlu Retno dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi / Kementerian Luar Negeri RI

Kementerian Luar Negeri RI dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memperkuat kerja sama dalam meningkatkan investasi di Indonesia melalui Nota Kesepakatan (MoU) tentang Pelaksanaan Diplomasi Ekonomi di Bidang Investasi.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan secara virtual oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia pada Selasa (31/8).

Dalam sambutannya, Menlu Retno menyoroti perkembangan positif di dalam negeri terkait transformasi iklim usaha dan pembentukan Indonesia Investment Authority (INA), serta tantangan yang dihadapi dalam konteks global khususnya pandemik Covid-19.

Di tengah situasi tersebut, Kemlu RI dan Kementerian Investasi bersinergi lebih erat guna mempercepat pemulihan ekonomi.

"Dalam kerangka inilah MoU ini disusun sebagai landasan kuat untuk menjalin kerja sama dalam tiga tahun mendatang dan membangun hubungan antar kementerian yang efektif, tanpa sekat birokrasi, dan result-oriented," kata Menlu Retno seperti dikutip dari keterangan tertulis Kemlu RI.