Kepolisian Newport News Virginia ungkap detail penembakan bocah kepada gurunya

Bocah itu telah ditahan di fasilitas medis sejak perintah penahanan darurat dan perintah penahanan sementara dikeluarkan Jumat (6/1).

Tanda di pintu masuk Richneck Elementary School mengucapkan "Selamat Tahun Baru" kepada siswa di Newport News, Va. pada Senin 9 Januari 2023.Foto AP/John C. Clark

Kepala Kepolisian Newport News Virginia, mengungkap kronologis terjadinya penembakan oleh siswa kepada gurunya pada Jumat (6/1) waktu setempat.

Polisi juga memastikan, beberapa saat sebelum seorang anak laki-laki Virginia berusia enam tahun menembak gurunya, tidak ada perkelahian, tidak ada pergumulan fisik dan tidak ada peringatan,

“Apa yang kita ketahui hari ini adalah, bahwa dia memberikan instruksi. Dia menunjukkan senjata api, dia mengarahkannya, dan dia menembakkan satu putaran," kata Kepala Polisi Newport News Steve Drew, Senin (9/1) waktu setempat.

Drew yang berbicara selama konferensi pers, memberikan deskripsi terperinci pertama tentang penembakan yang mengejutkan kota dan terkenal bahkan di negara seperti Amerika Serikat yang tampaknya terbiasa dengan kekerasan senjata terus-menerus. 

Drew mengatakan ingin mengklarifikasi pernyataan yang dia buat setelah penembakan pada Jumat, ketika dia mengatakan ada "pertengkaran" sebelum penembakan. Dia mengatakan itu lebih seperti "interaksi" antara anak laki-laki itu dan guru kelas satu di Richneck Elementary School bernama Abby Zwerner yang berusia 25 tahun.