Ketua DPR Kanada meminta maaf setelah merayakan veteran Nazi Ukraina

Ketua Anthony Rota memberi penghargaan kepada Yaroslav Hunka yang berusia 98 tahun.

Yaroslav Hunka. Foto: Twitter

Ketua House of Commons Kanada meminta maaf setelah merayakan seorang veteran Ukraina. Ia baru mengetahui belakangan bahwa veteran itu adalah mantan anggota unit militer Nazi dalam Perang Dunia II.

Ketua Anthony Rota memberi penghargaan kepada Yaroslav Hunka yang berusia 98 tahun dalam pidatonya yang disampaikan pada hari Jumat saat kunjungan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke parlemen Kanada pada hari Jumat dan memuji Hunka sebagai seorang veteran Ukraina dan Kanada.

Pembicara memuji Hunka sebagai pahlawan perang yang bertugas di Divisi Ukraina Pertama dan “berjuang untuk kemerdekaan Ukraina melawan agresor Rusia, dan terus mendukung pasukan hingga saat ini.”

“Saya kemudian mengetahui lebih banyak informasi yang membuat saya menyesali keputusan saya untuk melakukannya,” kata Rota dalam pernyataan yang dibagikan di kantornya pada Minggu. Dia menambahkan, “Saya secara khusus ingin menyampaikan permintaan maaf terdalam saya kepada komunitas Yahudi di Kanada dan di seluruh dunia.”

Beberapa organisasi hak asasi manusia dan Yahudi mengecam pengakuan tersebut, dengan mengatakan Hunka bertugas di unit militer Nazi yang dikenal sebagai Divisi Grenadier Waffen SS ke-14.