Khawatir penyebaran coronavirus, Arab Saudi tangguhkan umrah

Arab Saudi juga menerapkan larangan masuk bagi warga dari negara yang memiliki kasus coronavirus jenis baru.

Ilustrasi umrah / Pixabay

Pada Kamis (27/2), Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengumumkan bahwa mereka telah menangguhkan pelaksanaan umrah dan kunjungan ke Masjid Nabawi di Madinah di tengah kekhawatiran atas penyebaran wabah coronavirus jenis baru.

Arab Saudi juga menerapkan larangan masuk bagi warga dari negara yang memiliki kasus coronavirus jenis baru. Kemlu Arab Saudi meminta warga mereka untuk tidak melakukan perjalanan ke negara-negara di mana wabah tersebut telah terdeteksi.

We ask God Almighty to spare all humanity from all harm#CoronaVirus#COVID19 pic.twitter.com/TEYvIW1Wbd — Foreign Ministry ???????? (@KSAmofaEN) February 26, 2020

Kebijakan penangguhan juga diterapkan bagi mereka yang ingin bepergian dari dan menuju ke Arab Saudi menggunakan kartu identitas nasional.

Kemlu Arab Saudi memberikan pengecualian kepada warganya yang kini berada di luar negeri, yang ketika meninggalkan negara itu menggunakan kartu identitas nasional, demikian pula warga dari negara anggota Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) yang masuk ke Arab Saudi dengan menggunakan kartu identitas nasional dan kini ingin kembali ke negara masing-masing.