Kondisi kesehatan Kim Jong-un masih misteri

Sejumlah pejabat di Korea Selatan dan China meragukan kabar bahwa kesehatan Kim Jong-un dalam kondisi serius.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dalam foto tanpa tanggal yang dirilis Agensi Berita Sentral Korea (KCNA) pada Senin (9/3). ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Pejabat Korea Selatan dan China pada Selasa (21/4) mengungkap keraguan atas kabar bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dalam kondisi sakit.

Daily NK, sebuah surat kabar daring yang berbasis di Korea Selatan yang fokus pada Korea Utara, dengan mengutip sebuah sumber tanpa nama pada Senin (20/4) melaporkan bahwa Kim Jong-un tengah dalam masa pemulihan setelah menjalani prosedur kardiovaskular pada 12 April. Pemimpin Korea Utara itu diyakini berusia sekitar 36 tahun.

Laporan CNN yang mengutip seorang pejabat Amerika Serikat menyebutkan bahwa Washington memantau kondisi Kim Jong-un yang dalam bahaya besar setelah menjalani operasi.

Sementara itu, Bloomberg yang juga mengutip seorang pejabat AS menuturkan, Gedung Putih telah diberitahu bahwa kondisi Kim Jong-un memburuk setelah operasi.

Dua pejabat Korea Selatan menepis laporan CNN. Namun, mereka tidak menjelaskan apakah Kim Jong-un benar menjalani operasi.