Kondom hingga wine AS terkena dampak tarif China

AS dan China memulai kembali perang tarif pada awal bulan ini setelah negosiasi dagang di Washington berakhir tanpa kesepakatan.

Ilustrasi / Pixabay

Kondom, parfum, wine dan piano termasuk di antara sejumlah produk asal Amerika Serikat yang akan terkena kenaikan tajam tarif China pada Sabtu (1/6). Ini merupakan balasan Beijing atas Washington yang telah lebih dulu menaikkan bea impor atas barang-barangnya.

Trump menaikkan tarif bea impor atas China lebih dari dua kali lipat pada awal Mei dan China membalasnya dengan mengumumkan akan menaikan tarif terhadap barang-barang AS senilai US$60 miliar pada 1 Juni 2019.

AS dan China memulai kembali perang tarif pada awal bulan ini setelah negosiasi dagang di Washington berakhir tanpa kesepakatan. AS menuduh negosiator China mengingkari komitmen sebelumnya.

China memperingatkan bahwa AS harus menunjukkan ketulusan jika ingin negosiasi dilanjutkan dan para pejabat China yang marah pekan ini menyebut AS terlibat dalam terorisme ekonomi.

Terdapat 5.410 produk AS yang akan dikenakan tarif mulai dari 5 hingga 25% oleh China pada Sabtu. Barang-barang yang akan dikenakan tarif 25% termasuk produk kecantikan seperti parfum, lipstik serta riasan mata; peralatan dapur seperti oven, microwave dan mesin kopi; peralatan olahraga seperti raket bulutangkis dan bola kaki; piano dan instrumen berdawai; minuman keras termasuk gin, wine dan tequila; dan sejumlah barang lainnya seperti kondom, ban, kain, kayu, mainan serta robot industri.