Update konflik Rusia-Ukraina: Evakuasi warga di pabrik Azovstal terus dilakukan

Puluhan orang dievakuasi pada Jumat (6/5) dari pabrik Azovstal dan diserahkan kepada perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Seorang pria dan seorang gadis yang meninggalkan tempat perlindungan di Metallurgical Combine Azovstal berjalan ke bus yang dikawal oleh seorang prajurit Angkatan Darat Rusia di Mariupol, di wilayah di bawah pemerintahan Republik Rakyat Donetsk, Ukraina timur, Jumat, 6 Mei 2022. Foto AP/Alexei Alexandrov

Rusia mengadakan gladi bersih pada Sabtu (7/5) waktu setempat, untuk parade militer dalam rangka memperingati Hari Kemenangan pada 9 Mei, ketika negara itu menandai kekalahan Nazi Jerman selama Perang Dunia II.

Hari Kemenangan tahun ini, yang jatuh pada Senin, tidak hanya akan menghormati konflik yang berakhir 77 tahun lalu. Banyak orang Rusia akan memikirkan ribuan tentara di negara tetangga Ukraina. Tanda-tanda dukungan kepada militer itu, telah tumbuh di seluruh negeri sejak 24 Februari, dengan huruf "Z" muncul di papan reklame dan tanda-tanda itu juga muncul di jalan-jalan, kereta bawah tanah, televisi dan media sosial.

Di tempat terpisah, tim penyelamat berusaha untuk mengevakuasi lebih banyak warga sipil dari terowongan di bawah pabrik baja yang luas di Mariupol, ketika pejuang Ukraina membuat langkah terakhir mereka untuk mencegah pengambilalihan penuh Moskow atas kota pelabuhan penting yang strategis itu.

Puluhan orang dievakuasi pada Jumat (6/5) dari pabrik Azovstal dan diserahkan kepada perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Komite Palang Merah Internasional, kata pejabat Rusia dan Ukraina. Militer Rusia mengatakan kelompok yang terdiri dari 50 orang itu termasuk 11 anak-anak.

Pejabat Rusia dan Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk mengatakan, upaya evakuasi akan berlanjut hingga akhir pekan. Pengungsi terbaru itu mengikuti sekitar 500 warga sipil lainnya yang keluar dari pabrik dan kota dalam beberapa hari terakhir.